Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Sopir Angkot Demo, Surabaya Macet

Kompas.com - 19/11/2015, 12:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan sopir Angkutan Kota (Angkot) di Surabaya menggelar aksi mogok, Kamis (19/11/2015).

Sekelompok sopir angkot memaksa angkot lainnya untuk tidak beroperasi dan memaksa mereka menurunkan penumpang di tengah jalan.

Astutik, salah seorang penumpang angkot jurusan Joyoboyo-Kapas Kampung mengaku diminta turun bersama penumpang lainnya di sekitar Kebun Binatang Surabaya.

"Alasannya karena angkot mau demo ke tengah kota," kata dia.

Astutik yang saat itu sedang menemani neneknya untuk berobat ke rumah sakit itu pun terpaksa naik taksi, karena tidak ada angkot lagi yang beroperasi.

Aksi sweeping penumpang angkot dikabarkan juga terjadi di beberapa lokasi, seperti di kawasan seputar RSU dr Soetomo, Terminal Rungkut, dan Terminal Bratang.

Sementara itu, para sopir angkot yang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Surabaya, memarkir ratusan angkotnya di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Jalan tersebut pun ditutup total.

Pantauan KOMPAS.com, selain di Jalan Yos Sudarso, ratusan angkot juga terlihat terpakir di Jalan Gubernur Suryo, di sebelah kiri dan kanan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas di sekitar kawasan jalan Yos Sudarso macet.

Kemacetan juga terlihat di Jalan Wali Kota Mustajab, Jalan Pemuda, dan Jalan Gubernur Suryo.

Demi mengurai kemacetan, polisi mengubah sejumlah arus lalu lintas untuk sementara.

Para sopir angkot tersebut mendesak Pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 dan Surat Edaran Pemerintah Jawa Timur yang mewajibkan Angkot harus berbadan hukum, minimal perseroan terbatas atau koperasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com