Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Barujari Meletus, Dua Penerbangan Lombok-Bali Batal

Kompas.com - 04/11/2015, 09:35 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Meletusnya Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, pada Selasa (3/11/2015) mengakibatkan dua penerbangan di Bandara Internasional Lombok (BIL) tujuan Denpasar, Bali, batal berangkat.

General Manager Angkasa Pura BIL Pujiono menjelaskan, saat ini kondisi BIL masih berjalan normal dan tidak ada penutupan. "Alhamdulillah BIL masih aman," kata Pujiono.

Namun, beberapa penerbangan untuk tujuan Denpasar terpaksa dibatalkan setelah terbit notices to airmen (notam) untuk Bandara Ngurah Rai, Bali.

Staf Humas BIL, Gede Eka Sandi, menyebutkan, hingga saat ini, ada dua penerbangan tujuan Denpasar yang dibatalkan, yaitu dari maskapai Wings Air dan Garuda Indonesia. "Sementara baru dua penerbangan yang sudah menginformasikan," kata dia.

Gede menjelaskan, pesawat tujuan Denpasar dengan nomor penerbangan IW 1857 semestinya berangkat pada pukul 07.15 Wita pagi ini.

Sementara itu, pesawat GA 7031 seharusnya berangkat pada pukul 09.30 Wita. Akibat kejadian ini, sekitar 126 calon penumpang batal berangkat.

Terkait hal ini, pihak otoritas bandara menyarankan agar calon penumpang memilih alternatif transportasi menggunakan kapal feri atau tinggal di hotel sambil menunggu perkembangan. 

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, letusan terjadi pada Selasa.

Letusan terjadi beberapa kali sejak pagi hari. Tinggi letusan mencapai sekitar 3.500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com