Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terhalang Asap, Pesawat Garuda Gagal Mendarat

Kompas.com - 27/10/2015, 14:12 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Pesawat Garuda tujuan Ambon-Langgur, Maluku Tenggara, tak bisa mendarat akibat kabut asap pekat menyelimuti Bandara Karel Sadsuitubun, Selasa (27/10/2015).

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Pattimura sejak pukul 05.30 WIT itu akhirnya berbalik arah dan kembali ke Bandara Pattimura, Ambon.

"Sekitar 10 menit pesawat akan landing tiba-tiba ada pemberitahuan kepada kami para penumpang kalau pesawat tidak bisa mendarat," kata F Patty, salah seorang penumpang.

Dia mengungkapkan, pesawat yang ditumpangi itu akhirnya kembali ke Bandara Pattimura sekitar pukul 10.00 WIT.

Menurut dia, saat itu dia dan sejumlah penumpang sempat melihat kabut asap begitu menyelimuti wilayah Maluku Tenggara.

“Bandara tidak terlihat sama sekali karena tertutup kabut asap. Jadi, nanti setelah balik ke Ambon, baru pesawat terbang lagi ke Maluku Tenggara," ujar Patty.

"Tadi kami berputar-putar di udara, padahal jarak tempuh pesawat dari Ambon ke Langgur itu hanya sekitar 1 jam 20 menit," ujar dia.

Sumber Kompas.com di Bandara Pattimura menyebutkan, pesawat tersebut sedianya sudah harus berangkat sejak Senin kemarin, pukul 04.00 WIT. Namun karena pertimbangan cuaca, pihak Garuda akhirnya membatalkan keberangkatannya. Pesawat pun baru berangkat pada Selasa pagi tadi.

Kepala Operasional Angkasa Pura Bandara Pattimura, Ambon, Faber Butarbutar yang dikonfirmasi tidak menjawab panggilan telepon dan membalas SMS dari Kompas.com. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com