Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Pemerintah, Keluarga Akan ke Malaysia Jemput Wilfrida Soik

Kompas.com - 27/09/2015, 01:50 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com - Ibu kandung dan paman Wilfrida Soik, buruh migran asal Kabupaten Belu, NTT yang lolos dari hukuman mati di Johor Baru, Malaysia, akan berangkat ke Jakarta, Minggu (27/9/2015), sebelum melanjutkan perjalanan ke Malaysia.

“Tadi pagi kami dari kampung (Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Belu) dan tiba di Kupang sore. Esok pagi (Minggu) pukul 06.00 Wita, saya dengan ibu kandung Wilfrida, Maria Kolo bersama beberapa orang lainnya akan ke Jakarta,” kata Kornelis Bere Mau, paman Wilfrida Soik, kepada Kompas.com, Sabtu (26/9/2015) tengah malam.

Menurut Kornelis, dirinya sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Belu dan Pemprov serta Apjati NTT, yang sudah membantu memfasilitasi keberangkatan keluarga Wilfrida ke Jakarta.

“Saya juga belum tahu pasti apakah esok kami langsung terus ke Malaysia atau tidak. Pada dasarnya kami keluarga menginginkan kalau bisa kami mau jemput langsung Wilfrida di Malaysia untuk segera dibawa kembali ke kampung,” kata Kornelis.

Sebelumnya diberitakan, keluarga Wilfrida Soik, TKW yang bebas dari tuntutan hukuman mati di Malaysia, meminta pemerintah membantu mereka untuk menjemput Wilfrida ke Negeri Jiran. Di sana, keluarga Wilfrida ingin mengucapkan terima kasih langsung kepada Sultan Kelantan atas bebasnya Wilfrida dari hukuman mati.

“Kami rencana tiga orang yang akan berangkat ke Malaysia yakni saya, ibu angkat Wilfrida (Yuliana Bui) dan ibu kandung Wilfrida (Maria Kolo)," tambah Kornelius.

Wilfrida Soik, warga Desa Faturika, Kabupaten Belu, NTT dibebaskan dari hukuman mati atas keputusan Mahkamah Rayuan Putrajaya. Keputusan ini sekaligus memperkuat keputusan Mahkamah Tinggi Kota Bharu yang menyatakan Wilfrida tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan karena dianggap mengalami gangguan kejiwaan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com