Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Ingin Jemput Langsung Wilfrida Soik di Malaysia

Kompas.com - 26/08/2015, 20:27 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com - Keluarga Wilfrida Soik, TKW yang bebas dari tuntutan hukuman mati di Malaysia, meminta pemerintah memfasilitasi untuk pergi ke negeri Jiran tersebut. Pihak keluarga ingin mengucapkan terima kasih langsung kepada Sultan Kelantan.

“Kami rencana tiga orang yang akan berangkat ke Malaysia yakni saya, ibu angkat Wilfrida (Yuliana Bui) dan ibu kandung Wilfrida (Maria Kolo)," ucap Kornelius Bere Mau, perwakilan keluarga Wilfrida Soik, Rabu (26/8/2015).

Wilfrida Soik, warga Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dinyatakan bebas dari tuntuan hukuman mati putusan Mahkamah Rayuan Putrajaya. Ini memperkuat keputusan Mahkamah Tinggi Kota Bharu yang menyatakan Wilfrida tidak bersalah melakukan pembunuhan atas dasar tindakan yang dilakukannya karena dianggap mengalami gangguan kejiwaan.

Kornelius sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya untuk membebaskan putri angkatnya itu. Namun ia berharap dapat bertemu langsung dengan Wilfrida di Malaysia.

“Saya pertama kali dapat informasi bebasnya Wilfrida dari wartawan di Jakarta, Selasa (25/8/2015) kemarin, sekitar pukul 10.30 Wita. Kami keluarga Wilfrida meminta kalau dia sudah bebas, mohon untuk disuruh pulang ke tempat asalnya di Faturika. Saya juga berharap, pemerintah Kabupaten Belu, Provinsi NTT dan pusat, bisa fasilitasi kami keluarga untuk menjemput Wilfrida di Malaysia,” harap Kornelis.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menonton langsung detik-detik putusan Mahkamah Rayuan Putrajaya yang menyatakan warga negara Indonesia asal Nusa Tenggara Timur, Wilfrida Soik, bebas. Hal tersebut disampaikan Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Kuala Lumpur yang diterima pada Selasa (25/8/2015).

"Dalam sidang hari ini, selain Satgas KBRI, juga telah hadir Bapak Prabowo Subianto yang selama ini memberikan perhatian dan dukungan terhadap pembelaan Wilfrida Soik," bunyi siaran pers tersebut. [Baca juga: Prabowo Saksikan Langsung Putusan Bebas Wilfrida Soik]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com