Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Kompas.com - 24/09/2015, 11:26 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Petugas dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Kendal menemukan cacing hati pada hewan korban. Cacing hati itu ditemukan di dua lokasi tempat penyembelihan hewan kurban, yaitu di Sarirejo, Kaliwungu, dan Plantaran, Kaliwungu Selatan.

Dengan ditemukannya cacing hati di hati hewan kurban tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kendal Sri Purwati meminta supaya hati itu dimusnahkan dan tidak boleh dikonsumsi karena mengandung bakteri.

“Hati hewan yang ada cacingnya sangat membahayakan bila dikonsumsi, sebaiknya dimusnahkan,” kata Sri Purwati, Kamis (24/9/2015).

Sri Purwati menjelaskan, pihaknya telah menempatkan petugas kesehatan hewan di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal. Petugas itu berkeliling ke beberapa masjid dan perkampungan yang melakukan penyembelihan hewan kurban sehingga apabila ditemukan cacing hati atau penyakit hewan lainnya, maka bisa diantisipasi.

“Tadi kami sudah ke Masjid Agung Kendal, Polres Kendal, dan beberapa tempat lain. Tapi, kami tidak menemukan cacing hati atau penyakit hewan pada hewan kurban yang sudah disembelih,” ungkapnya.

Sebelumnya, tambah Purwati, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan pada hewan kurban yang dijual. Pada pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penjualan tersebut, pihaknya hanya menemukan penyakit mata pada hewan kurban. Hal itu sudah biasa karena musim kemarau. Penyakit mata itu cepat sembuh setelah diobati dengan obat mata.

“Saya berharap agar masyarakat bisa melaporkan apabila menyembelih hewan kurban sehingga kami bisa memeriksa dagingnya,” ujar Purwati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com