Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sumbang Sapi Seberat 857 Kg untuk Dikurban di Gunung Kidul

Kompas.com - 23/09/2015, 14:35 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyumbangkan satu hewan kurban berupa sapi peranakan ongol di Masjid Al Ikhlas, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Peternakan Gunung Kidul Khrisna Berlian di Gunung Kidul, Rabu (23/9/2015), mengatakan, sapi pemberian Presiden ini merupakan jenis peranakan ongol (PO) yang merupakan sapi lokal dengan berat 857 kilogram.

"Sapi yang diserahkan Presiden, ini jenis sapi lokal," kata Khrisna Berlian di kompleks Masjid Al Ikhlas seperti dikutip Antara.

Menurut dia, sapi jenis ini merupakan sapi dengan berat dan daging yang tidak kalah dengan sapi jenis simental dan limousin.

"Sapi jenis ini kedepan akan kami kembangkan di Gunung Kidul," ucapnya.

Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas, Iskamto menambahkan, sapi ini merupakan sapi pertama yang diberikan Presiden ke Gunung Kidul. Masjid Al Ikhlas menerima sebanyak 260 sapi dan 230 kambing yang sebagian besar disalurkan ke masjid di sekitar Gunung Kidul.

Selain sapi pemberian dari Presiden, Gunung Kidul juga menerima sapi dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Sapi yang diserahkan dari Presiden hari ini disembelih di Masjid AL Ikhlas," imbuhnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Gunung Kidul Nur Abadi mengimbau kepada masyarakat Gunung Kidul agar tetap menjaga kondusif lingkungan di wilayah Gunung Kidul. Pasalnya, perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini ada dua, yakni 23 dan 24 September.

"Dalam Islam kan diajarkan untuk menjadikan perbedaan sebagai rahmatan lil alamin, jadi, jangan dijadikan masalah," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com