Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Agak Menipis karena Hujan, Warga Pun Bisa Olahraga

Kompas.com - 20/09/2015, 16:28 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Setelah sempat menebal dua hari kemarin, kabut asap di wilayah Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (20/9/2015) mulai agak menipis. Hujan yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan, termasuk Ogan Ilir membantu berkurangnya intensitas kabut asap tersebut.

Berdasarkan pemantauan di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir kabut memang terasa tak sepekat kemarin. Jika beberapa hari kemarin kantor besar itu nyaris tak terlihat dari jarak 100 meter, hari ini mulai terihat. Meski, masih ada kabut asap tipis yang menyelimuti. 

Jalan menuju arah komplek perkantoran tersebut pun juga sudah terlihat terang dan jelas terlihat. Begitu juga suasana dalam kampus Universitas Sriwijaya Indralaya. Hari ini terlihat terang dibanding hari-hari sebelumnya. 

Warga juga  mulai berani berolahraga di dalam lingkungan kampus terbesar di Sumatera itu, setelah beberapa minggu vakum akibat kabut asap. Ana Berby, warga Indralaya yang tengah berolah raga mengatakan, beberapa minggu ini ia tidak berani berolahraga karena kabut asap menyesakan dada.

“Menurut aku sih agak lumayan dibanding kemarin. Kalau kemarin napas kami sempat sesak akibat banyak asap, hari ini alhamdulillah asapnya agak berkurang namun baru 50 persen dibading sebelumnya," kata Ana.

Ana berharap, upaya penanggulangan kebakaran lahan dan kabut asap lebih ditingkatkan. ”Misalnya dengan pembuatan hujan  buatan,” kata dia.

Sementara itu, David, warga Indralaya yang adalah anggota salah satu komunitas bersepeda di Ogan Ilir mengatakan, hari ini dia dan rekan-rekan komunitas sepedanya mulai berani bersepeda. Padahal, beberapa minggu lalu kegiatan mereka sempat vakum akibat asap.

“Untuk di kawasan sekitar Indralaya hari ini volume asap berkurang, mungkin efek hujan semalam,” kata David.

Sebelumnya, sejak sore hingga malam kemarin, hujan deras mengguyur sejumlah wiayah di Sumatera Selatan, seperti di Kota Palembang dan  Ogan Ilir.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com