Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padang Rumput di Gunung Rinjani Terbakar

Kompas.com - 19/09/2015, 19:27 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Padang rumput di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar. Menurut Kepala TNGR Agus Budiono, kebakaran terjadi sejak Jumat (18/9/2015) di wilayah Sembalun, Lombok Timur.

"Kebakaran terjadi di kawasan padang rumput dan padang alang-alang Sembalun," kata Agus, Sabtu (19/9/2015).

Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran. Menurut Agus, kebakaran padang alang-alang terjadi setiap tahun, terutama saat musim kemarau berlangsung sekitar bulan Juni-November.

Hingga saat ini kebakaran masih terus terjadi dan belum bisa dipadamkan. Akibat kebakaran ini, sekitar 100 hektar lebih padang alang-alang dan padang rumput di kawasan Sembalun rusak terbakar.

Menurut Agus, kondisi kering dan cuaca panas diduga menjadi pemicu kebakaran di kawasan ini semakin meluas. Pihaknya mengaku telah melakukan upaya pemadaman api terutama di lokasi yang mudah dijangkau.

Sementara di lokasi yang sulit dijangkau seperti di lereng-lereng gunung, pihaknya tetap melakukan pemantauan agar api tidak semakin meluas. "Upaya pemadaman untuk lokasi yang mudah dijangkau. Sementara di lereng-lereng gunung, kami lakukan pemantauan karena sulit dijangkau," kata Agus.

Dia menambahkan, kebakaran ini tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat karena lokasinya berada di atas bukit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com