Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Se-Asia Pasifik Kumpul di Wakatobi

Kompas.com - 04/09/2015, 13:34 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Sekitar 176 Wali Kota dan Gubernur di negara Asia-Pasifik bakal berkumpul di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk membahas masalah penataan kota, penataan masyarakat pesisir, dan pengembangan konservasi terumbu karang.

Kegiatan para Wali Kota dan Gubernur yang tergabung dalam organisasi pemerintah kota dan daerah sedunia (UCLG) itu dikemas dalam sebuah Konferensi Habitat III pada 5-7 September 2015.

Bupati Wakatobi Hugua mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di Pulau Wangi-wangi itu bertujuan untuk menyatukan pendapat para kepala daerah seasia pasifik terkait penataan kota dan pesisir.

"Nantinya, rekomendasi dari hasil kegiatan tersebut akan disampaikan pada Konferensi Internasional HABITAT III di Ekuador pada Oktober 2016 mendatang," ungkap Hugua, Jumat (4/9/2015) di Wakatobi.

Kegiatan itu akan diisi sejumlah pembicara baik internasional maupun lokal. Di antaranya Wali Kota Guangzhou, Tiongkok Chen Jianhua, Gubernur Jeju, Korea Selatan, Wong Hee-ryong, Wali Kota Hamamatsu, Jepang.

Sementara untuk pembicara lokal yakni Gubernur Sultra Nur Alam, Wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat dan Bupati Wakatobi Hugua, “Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Presiden atau paling tidak Wakil Presiden, karena Presiden baru mengetahui undangan kami, dan saya sudah ketemu langsung dengan Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Sekretaris Kabinet," kata Hugua.

Dalam kesempatan itu, lanjut Hugua, Pemerintah Wakatobi juga sudah menyiapkan sejumlah agenda terkait kedatangan Presiden di antaranya pencanangan Wakatobi sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata bahari, dan pemanfaatan listrik tenaga gas berkekuatan 2x3 megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com