Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Dukung Rita Widyasari, PAN Bantah Akan Bikin Calon Boneka di Kukar

Kompas.com - 25/08/2015, 03:32 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

TENGGARONG, KOMPAS.com - Meski Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), telah menetapkan hanya satu pasangan calon yang lolos verifikasi, namun calon Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari masih yakin Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kukar akan berjalan sesuai jadwal.

Rita yang maju melalui jalur independen merupakan satu-satunya calon yang lolos verifikasi. Meski begitu, dia menyebutkan, akan ada parpol yang akan mengusung calon baru nantinya.

“Ya saya memang satu-satunya pasangan calon yang lolos verifikasi. Tapi ternyata saya dapat kabar jika ada partai yang tadinya mendukung saya, akan berbalik menjadi lawan,” kata Rita, Senin (24/8/2015).

Rita mengatakan, warga Kukar tidak perlu khawatir gelaran Pilkada serentak tersebut hanya diikuti calon tunggal dan akan diundur hingga 2017. Sebab, dirinya masih punya lawan yang akan tampil.

Tiga hari pendaftaran yang dibuka KPUD Kukar akan dimaksimalkan calon pasangan lain untuk ikut Pilkada. “Jadi warga Kutai Kartanegara tak perlu khawatir, proses demokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara akan berjalan sesuai jadwal,” tuturnya.

Sementara itu, partai yang disebut-sebut bakal menarik dukungan dari Rita adalah Partai Amanat Nasional. Partai ini tengah berkoordinasi dengan DPP PAN terkait pengusungan calon baru.

“Masih kami komunikasikan, apakah PAN ikut dalam pencalonan di Pilkada kali ini. Apabila DPP PAN memutuskan dan memerintahkan ikut dalam pencalonan, maka DPD PAN Kutai Kartanegara akan segera mengambil langkah strategis untuk menyukseskan itu,” kata Sekretaris DPD PAN Kutai Kartanegara Ahmad Mubarak.

Saat ditanya apakah PAN akan memajukan calon boneka, Mubarok membantah. Menurut dia, salah satu langkah strategis yang dimaksud adalah membangun koalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat pencalonan kepala daerah.

“Sebagai kader partai, kami patuh terhadap keputusan DPP PAN untuk menyelamatkan demokrasi di Kutai Kartanegara. Dan kami siap menang dan sangat siap mengalahkan incumbent. Jadi untuk apa membuat calon boneka,” ujarnya.

Diketahui KPUD Kutai Kartanegara hanya meloloskan pasangan Rita Widyasari–Edy Damansyah, yang diumumkan saat rapat pleno di Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara.

Pasangan Rita Widyasari dan Edy Damansyah juga didukung sejumlah partai politik. Parpol yang mendukung antara lain PAN, PDI-P, PKS, Hanura, Gerindra, dan Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com