Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak, Harga Ayam Capai Rp 60.000 Per Ekor

Kompas.com - 21/08/2015, 10:13 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Harga ayam potong di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, melonjak tajam dari Rp 45.000 menjadi Rp 60.000 per ekor sejak dua pekan terakhir. Kenaikan harga ini tidak hanya dikeluhkan konsumen, tetapi juga para pedagang yang kehilangan pembeli.

Pedagang terpaksa mendongkrak harga karena ayam yang mereka terima dari distributor pun sudah dibanderol Rp 57.000 untuk ayam berukuran dua kilogram. Sapia, salah satu pedagang ayam potong di Pasar Sentral Pekkabata, Polewali Mandar, Jumat (21/8/2015), mengatakan bahwa lonjakan harga itu sudah terjadi sejak dua minggu terakhir.

Ayam potong seberat dua kilogram dijual dengan harga Rp 60.000. Sementara itu, ayam yang beratnya lebih dari satu kilogram dijual Rp 55.000 per ekor.

Meski harga ayam mahal, Sapia mengaku tak gembira. Sebab, permintaan ayam sejak dua pekan terakhir malah turun tajam, hingga para pedagang merugi. "Harganya memang mahal, dan pembelinya sepi. Pedagang merugi karena ayamnya tak laku," ujar Sapia.

Keluhan juga datang dari konsumen. Ramlah, salah satu konsumen yang rutin membeli ayam potong setiap minggu, mengeluh karena harga tak kunjung turun. "Harganya kan terlalu mahal. Satu ekor dijual Rp 60.000, padahal sebelumnya hanya Rp 45.000 per ekor. Kami berharap pemerintah bisa mengendalikan harga ayam potong agar konsumen tidak terlalu terbebani," ujar Ramlah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com