Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITS Luncurkan Mobil Formula Sapu Angin Speed III

Kompas.com - 16/08/2015, 15:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil Sapu Angin Speed III (SAS III), Minggu (16/8/2015). Mobil jenis Formula itu akan diturunkan dalam ajang Student Formula Japan (SFJ) 2015 awal September mendatang Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Jepang.

Selain Rektor ITS, Jony Hermawan, peluncuran juga dihadiri Konjen Jepang, Yoshiharu Kato, dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Dalam sambutannya, Risma mengaku sangat mendukung hasil Karya kreatif mahasiswa, apalagi sampai mampu bertarung di level dunia. "Suatu saat, saya yakin, hasil penelitian kreativitas akan bertemu dengan pasar industri. Karena itu, jangan sampai mahasiswa putus asa," kata Risma.

Rektor ITS, Jony Hermawan, mengaku bangga dengan karya mahasiswanya. "Tidak semua yang mereka bisa itu diajarkan di bangku kuliah," terangnya. 

SAS III adalah produk mobil formula ketiga karya mahasiswa ITS. SAS generasi pertama berhasil meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada SFJ 2013, dilanjutkan dengan SAS II pada 2014. 

Karya otomotif mahasiswa ITS juga sempat mencatat prestasi di sejumlah ajang kompetisi, seperti ajang mobil irit Shell Eco Marathon Asia, dan Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com