Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalur-jalur Rawan Kekurangan BBM "Versi" Pertamina

Kompas.com - 08/07/2015, 10:47 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina menaruh perhatian khusus terkait daerah yang berpotensi rawan kekurangan bahan bakar minyak (BBM) menjelang arus mudik dan balik lebaran 2015 ini. Beberapa daerah di Jawa Tengah yang terindikasi kekurangan BBM karena di jalur terjadi kemacetan.

Operasion Head PT Pertamina Region IV Area Jawa Bagian Tengah Pangasian Habeaan mengatakan, Pertamina telah memetakan beberapa jalur di daerah Jawa Tengah yang berpotensi rawan BBM, dan daerah yang rawan bencana.

Daerah yang rawan kekurangan BBM karena terjadi kemacetan diprediksi terjadi di ruas Krapyak (Kota Semarang), ruas Pantura Kabupaten Batang, Ruas Genuk-Demak dan Welahan (Kabupaten Jepara).

"Di Genuk-Demak diprediksi akan macet, karena masih ada pengerjaan jalan. Selain itu, berfungsinya tol Cikopo-Palimanan juga berdampak akan melonjaknya BBM di wilayah Brebes, Tegal dan Pemalang," ujar Pangasian, saat menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kantor Depo Pertamina Pengapon Semarang, Rabu (8/7/2015).

Sementara jalur di daerah rawan bencana menurut pemetaan, terjadi di jalur Weleri Barat di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, dan jalur Ambarawa - Bandungan - Kecamatan Sumowono di Kabupaten Semarang.

Tempat-tempat rawan tersebut telah dilakukan langkah antisipasi secara khusus. Pertamina telah menyatakan stok BBM untuk lebaran, baik arus mudik, dan balik telah tercukupi. Bahkan, Pertamina telah mempunyai stok dua kali lipat untuk antisipasi melonjaknya permintaan BBM.

"Stoknya masih banyak. Pertamax masih bisa sampai 20 hari ke depan, Premium bisa 15 hari ke depan. Kalau stok biasanya cukup sampai delapan hari saja. Selain itu, kami juga baru kedatangan kiriman dari kapal tanker," tambah pria yang dipanggil Yanto itu.

General Manager PT Pertamina Region IV Area Jawa Bagian Tengah Kusnindar, menambahkan, untuk penyaluran seluruh produk BBM di Jawa Tengah telah disiapkan 115 truk. Armada itu melayani 219 SPBU yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Jateng. "Mudah-mudahan dengan stok yang ada tidak ada gangguan," kata Kusnindar.

Gubernur Ganjar melakukan kunjungan kerja dengan keinginan untuk memastikan stok BBM aman untuk kesiapan lebaran 2015. Seusai mendengarkan pemaparan, ia diajak berkeliling ke dalam depo untuk melihat langsung proses alur distribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com