Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Warga Sipil di Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan

Kompas.com - 30/06/2015, 19:44 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Dua dari penumpang di dalam Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU adalah warga Tanjungpinang. Hal ini disampaikan oleh Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol (Pnb) I Ketut Wahyu Wijaya, Selasa (30/6/2015).

"Dari informasi yang kami dapat, dua orang warga Tanjungpinang itu merupakan warga sipil," katanya di Tanjungpinang.

Namun, Wahyu enggan menyebutkan nama-nama korban tersebut. Sampai saat ini, dia pun mengaku belum mengetahui kondisi para korban.

Selaini itu, Wahyu juga mengaku mengenal pilot pesawat Hercules A1310, Kapten (Pnb) Sandy Permana, yang rencananya akan membawa logistik ke Pulau Natuna. Sandy adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2005 dan kini bertugas di Malang.

"Sandy itu pernah menjadi siswa saya saat mengikuti pendidikan sebagai pilot. Dia merupakan salah seorang siswa terbaik," ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules C-130 jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa sekitar pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah menghantam dua ruko dan merusak sejumlah bangunan lainnya.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI M Fuad Basya menyebutkan bahwa lima dari 12 personel TNI AU yang merupakan kru pesawat milik TNI AU itu gugur dalam musibah itu.

"Saat ini evakuasi badan pesawat belum bisa dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, evakuasi difokuskan terlebih dahulu untuk warga-warga di permukiman di sekitar lokasi jatuhnya pesawat di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com