Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komplotan Curanmor Ditangkap Saat Buka Puasa

Kompas.com - 23/06/2015, 14:51 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya Kota menangkap komplotan spesialisasi pencuri kendaraan motor di wilayah Kota Tasikmalaya saat waktu buka puasa, Senin (22/6/2015) kemarin. Para pelaku mengaku mampu membawa kabur motor curian hanya dengan waktu empat detik.

Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Asep Saepudin menyatakan, pengungkapan kasus ini setelah ditemukan beberapa laporan dari para korban pencurian sebelumnya. Setelah melakukan penyelidikan, pihaknya mampu mengungkap sindikat pencuri motor yang sudah lama beroperasi di wilayahnya. Dua orang ditangkap saat waktu buka puasa di rumahnya berdasarkan hasil pengembangan dari pengakuan satu tersangka yang lebih dahulu diringkus. Dari ketiga tersangka, pencuri mengamankan dua barang bukti motor curian.

"Setelah dikembangkan kami berhasil mengamankan tiga orang tersangka dan sembilan unit barang bukti motor curian. Pelaku sudah diamankan di ruang tahanan Polres," jelas Asep saat menggelar konferensi pers di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Selasa (23/6/2015) siang.

Dalam aksinya, kata Asep, pelaku hanya membutuhkan waktu empat detik saja untuk membawa kabur motor curian. Komplotan ini biasanya beraksi di lokasi perumahan atau permukiman warga dan di lokasi sepi. Alat yang dibutuhkan mereka saat beraksi hanya satu buah kunci T.

"Ini komplotan yang tergolong ahli dan hanya butuh waktu empat detik saat mencuri motor," ungkap dia.

Sampai sekarang para pelaku mendekam di sel tahanan Polres Tasikmalaya Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Asep mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitarnya dari para pencuri dan perampok di bulan Ramadhan ini. Soalnya seperti tahun sebelumnya, memasuki bulan puasa dan mendekati Lebaran, kerawanan tindak kejahatan akan selalu meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com