Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Singkil Tangkap Buaya Buntung

Kompas.com - 11/06/2015, 16:32 WIB

SINGKIL, KOMPAS.com — Warga Siti Ambia, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, menangkap buaya buntung atau tanpa ekor dari sungai dekat permukiman penduduk setempat, Rabu (10/6/2015). Buaya dengan bobot lebih dari satu ton tersebut menjadi tontonan ribuan warga yang datang berdesakan silih berganti.

Sepengetahuan warga, buaya yang ditangkap itu merupakan yang terbesar dalam sejarah. Selain buaya raksasa dalam waktu bersamaan, warga juga menangkap hewan sejenis dengan ukuran jauh lebih kecil.

"Buaya buntung yang ditangkap panjangnya lebih dari lima meter, sedangkan beratnya lebih dari satu ton. Warga sangat kepayahan ketika memindahkan ke kampung dari sungai. Seingat kami, inilah buaya paling besar," kata Mansur, warga Siti Ambia.

Jumadil Awal alias Koyong, pawang buaya yang memimpin penangkapan, mengatakan, buaya masuk penjerat yang dipasang sekitar sepekan lalu.

"Buaya ditangkap di dekat permukiman penduduk, sekitar satu kilometer dari rumah kami," kata Koyong.

Buaya yang berhasil ditangkap diletakkan di depan rumah Koyong dan disatukan dengan buaya yang sebelumnya ditangkap. Total ada tiga ekor buaya yang jadi tontonan warga.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil, Sunarso, memberikan bantuan senilai Rp 5 juta kepada warga yang berhasil menangkap buaya. Bantuan itu sebagai pengganti uang lelah atas keberanian warga tanpa henti menangkap buaya yang telah mengganggu mata pencariannya.

"Bantuan uang yang diberikan Rp 5 juta, pemberian pengusaha asal Aceh Singkil, yang tinggal di Banda Aceh. Beliau prihatin melihat warga kampung halamannya berkonflik dengan buaya," kata Sunarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com