Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Rayakan Waisak Bersama 20.000 Umat Buddha di Borobudur

Kompas.com - 02/06/2015, 13:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE di Candi Agung Borobudur akan dihadiri setidaknya 20.000 umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia, Selasa (2/6/2015) malam. Umat Buddha dari 18 negara sahabat juga dikabarkan ikut meramaikan hari sakral bagi umat Buddha itu.

"Umat Buddha yang hadir sekitar 20.000 orang, ada juga umat dari 18 negara yang sudah konfirmasi akan hadir, seperti Thailand, Singapura, Tiongkok, Tibet dan sebagainya," kata Ketua Dewan Penyantun Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Murdaya W Po, Selasa (2/6/2015).

Po menjelaskan, ribuan umat yang hadir akan mengikuti seluruh rangkaian prosesi Tri Suci Waisak yang dimulai dari Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Agung Borobudur.

Presiden Joko Widodo berserta jajarannya dijadwalkan akan menghadiri upacara pembukaan detik-detik perayaan Waisak yang diselenggarakan di altar candi warisan wangsa Syailendra itu sekitar pukul 19.00 WIB.

Sedangkan detik-detik Waisak akan dilaksanakan pada pukul 23.18 WIB dengan ditandai penerbangan seribu lampion ke langit Borobudur oleh umat Buddha. Suami dari Ketua Umum Walubi Hartati Murdaya mengatakan perayaan Waisak menjadi momen untuk menciptakan perdamaian dunia tanpa memandang latar belakang suku, agama, ras dan golongan. Terlebih belakangan muncul tragedi kemanusiaan yang mengakibatkan penderitaan umat muslim Rohingya di Myanmar dan di sejumlah titik pengungsian di Aceh.

"Mari kita saling membantu secara kemanusiaan, jangan memandang agama, politik dan sebagainya. Tetapi kita junjung Bhineka Tunggal Ika," ucap Po.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com