Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Ganjar Datangi Korban Banjir di Solo

Kompas.com - 23/04/2015, 16:11 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi banjir di Kota Solo, Kamis (23/4/2015). Ganjar pun sempat melihat kondisi Puskesmas Banyuanyar yang rusak diterjang banjir Rabu malam kemarin.

Ganjar melakukan pengecekan di Puskesmas yang porak poranda diterjang banjir. Fasilitas kesehatan di dalam pusat kesehatan tersebut banyak yang terendam banjir. Lumpur memenuhi hampir seluruh lantai Puskesmas.

Melihat kondisi itu, Ganjar berharap fasilitas kesehatan di tengah bencana banjir di Solo segera diperbaiki. "Pelayanan kesehatan sangat penting, jadi segera dibenahi," kata dia.

Ganjar yang melakukan roadshow  ke beberapa kota di Jawa Tengah tersebut juga menyempatkan diri datang ke rumah warga yang menjadi korban banjir. Setelah melihat langsung kondisi para korban banjir, Ganjar menginstruksikan petugas memberikan prioritas kepada mereka.

"Korbannya ditolong dulu, seperti bangun dapur umum dan kesehatan. Setelah itu baru dicari penyebab banjir. Jadi luapan sungai tidak lagi membuat warga menjadi korban," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, banjir di Kota Solo datang mendadak karena luapan dua sungai yakni Kali Pepe dan Anyar. Banjir terjadi setelah hujan dari sore hingga malam dengan intensitas tinggi.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyambut baik usulan Pemkot Solo untuk membangun 'embung' (telaga buatan), sebagai tempat menyimpan air saat hujan deras dan banjir kiriman dari daerah di sekitar Solo.

"Ke depan memang masih ada ancaman banjir bagi warga Solo dan 'embung' memang sangat diperlukan. Jadi sudah kita usulkan ke provinsi," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com