Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Duta Besar Menari Topeng Ireng Bersama Anak-anak Lereng Tidar

Kompas.com - 11/04/2015, 22:21 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kedatangan 16 duta besar negara sahabat di Kota Magelang, Jawa Tengah, disambut meriah warga setempat. Mereka disuguhi berbagai pertunjukan seni tradisional, diantaranya tarian Topeng Ireng, yang mainkan belasan remaja dan anak-anak di lereng Gunung Tidar.

Meski gerimis, antusias mereka untuk menyaksikan pertunjukan tersebut tidak surut. Irama musik Topeng Ireng nan rancak dan gerak tari yang bersemangat membuat para duta besar ikut larut dalam suasana gembira. Bahkan ada di antara mereka yang ikut bergabung dan menari bersama.

"Sangat terkesan, terutama dengan penari-penari yang masih anak-anak itu, mereka terlihat gembira meski hujan. Di negara saya tidak ada seperti ini," ujar Anna Aghadjanian, Duta Besar Republik Armenia untuk Indonesia, Sabtu (11/4/2015) sore.

Anna mengaku senang bisa berkunjung ke Magelang untuk kedua kalinya. Anna pun kagum dengan keberadaan Gunung Tidar di tengah Kota Magelang yang masih begitu alami. Meskipun ia dan rombongan tidak sempat naik ke gunung setinggi 503 meter dari permukaan laut itu karena cuaca gerimis dan padatnya kegiatan.

"Ternyata masih ada alam yang masih natural di sini, selama ini kami tinggal Jakarta, kota yang sangat padat," ungkap Anna yang datang didampingi sang suami.

Selain Anna, ada belasan duta besar maupun wakil duta besar negara sahabat lainnya yang hadir, antara lain dari Portugal, Jerman, Arab Saudi, Sri Lanka, Mongolia, Hongaria, Kazakhztan, Ekuador, Zimbabwe, Inggris, Amerika Serikat, Libya, India, China, dan Kuba. Kedatangan mereka ke Kota Sejuta Bunga itu atas undangan Pemerintah Kota setempat dalam rangka Hari Jadi ke-1.109 yang jatuh pada 11 April 2015.

Mereka diajak melihat langsung geliat pariwisata yang ada di Kota Magelang dan sekitarnya, seperti berkunjung ke Gunung Tidar, pabrik Gethuk, menyaksikan sendratari Mantyasih (sejarah berdirinya Kota Magelang) dan berkunjung ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Mereka pun akan menjadi tamu kehormatan dalam acara Grebeg Gethuk dan Kirab Budaya sebagai puncak rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1.109 Kota Magelang di Alun-alun setempat, Minggu 12 April 2015 besok.

Hartoko, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang, menjelaskan, pihaknya sengaja mengundang para duta besar sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kota Magelang dan sekitarnya ke luar negeri. "Kami harapkan mereka pun membantu menginformasikan dan mempromosikan daya tarik wisata Kota Magelang ke negaranya masing-masing,” ujar Hartoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com