Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KMP "Mini" Siap Menangkan Pilkada Tasik

Kompas.com - 26/03/2015, 23:19 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Empat partai bagian dari Koalisi Merah Putih, yaitu PAN, Gerindra, PKS dan Partai Demokrat, mendeklarasikan diri membentuk Koalisi Mutiara Sukapura (KMS) di kawasan Objek Wisata Cipanas, Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (26/3/2015).

Koalisi Merah Putih "mini" ini menyatakan siap memenangkan pemilihan kepala daerah Kabupaten Tasikmalaya yang akan dilaksanakan pada Desember 2015 mendatang.

Ketua KMS, Deni R Sagara mengatakan, pendirian KMP mini ini ada kaitannya dengan Koalisi Merah Putih saat pemilihan presiden dan wakil presiden beberapa waktu lalu. Namun, pembentukan koalisi menjelang pilkada sekarang ini lebih bertujuan untuk menyamakan visi dan misi guna menghasilkan pemimpin daerah sesuai keinginan masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya.

Meski ada kaitannya dengan koalisi di pusat waktu lalu, KMP mini ini tak akan menutup ruang bagi partai lain yang dulunya tak masuk Koalisi Merah Putih.

"Meski memang masih ada kaitannya dengan Koalisi Merah Putih lalu, tapi di KMS ini kami tak menutup partai manapun untuk ikut bergabung di koalisi," kata Deni.

Deni yang sekaligus ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya itu mengaku bahwa KMS merupakan koalisi pertama yang terbentuk menjelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya. Namun sampai sekarang, pihaknya belum menentukan siapa pasangan calon kepala daerah yang nanti akan diusungnya.

"Nanti kita akan membuka ruang sebesar-besarnya bagi para tokoh untuk bisa menjadi calon. Tak menutup kemungkinan, calon incumbent yang saat ini memimpin daerah. Semuanya bisa terjadi bagaimana nantinya," tambah Deni.

Seperti diketahui saat ini suhu politik menjelang Pilkada di kota santri ini mulai memanas. Terlebih ada beberapa nama yang mulai diunggulkan untuk bertarung di Pilkada Tasikmalaya akhir tahun nanti. Seperti calon petahana Uu Ruzhanul Ulum, Ade Sugianto, Ruhimat, Oleh Soleh, Dede T Widarsih, Abdul Kodir dan yang lainnya. Mereka pun sampai saat ini mulai terlihat aktif mengumpulkan kekuatan baik di partai, legislatif maupun langsung bersosialisasi kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com