Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Mengaku Sering Jadi Korban Hembusan Knalpot Bus Tua

Kompas.com - 06/03/2015, 04:56 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku sangat bersyukur bus Damri tua akan segera hilang di Kota Bandung. Sebagai gantinya, pemerintah pusat menyediakan bus baru.

"Alhamdulillah bus tua diberhentikan dengan hormat. Saya korban mulekna oge pas naek sapeda (Saya jadi korban asap knalpot saat naik sepeda). Tapi saya sabar karena keadaan," ujar Emil panggilan akrab Ridwan Kamil di Balai Kota, Kamis (5/3/2015).

Menurut Emil, 45 bus baru ber AC dilengkapi GPS akan segera beroperasi paling telat di akhir Maret ini. Warga Kota Bandung tidak akan lagi menemukan bus yang berasap tebal.

Bus dilengkapi GPS. Sehingga, penumpang bisa mengecek lewat ponsel untuk mencari posisi bus, sehingga tahu waktu bus itu akan lewat.

Bus baru merek Hino R 206 ini bakal menggantikan bus tua Mercedes Benz yang beroperasi di tiga trayek, yaitu 15 unit di trayek Dipatiukur- Leuwipanjang, 15 unit di trayek Alun-alun-Situ Ciburuy dan 15 Unit di Elang-Jatinangor. (Baca: Bus Damri Tua di Bandung Diganti, Tarifnya Turun)

Uniknya, meski lebih nyaman, tarif salah satu trayek yang akan menggunakan bus ini malah diturunkan oleh Perum Damri Cabang Bandung. Khusus trayek Alun-alun-Situ Ciburuy, tarif diturunkan dari harga biasa Rp 8.000 menjadi Rp 6.000.

(Tiah SM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com