Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Giok 20 Ton Dipindahkan ke Rumah Ketua DPRK

Kompas.com - 25/02/2015, 16:37 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


ACEH BARAT, KOMPAS.com
 — Hingga Rabu (25/2/2015), Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nagan Raya telah memotong dan memindahkan 5 dari 20 ton bongkahan giok yang ditemukan warga awal bulan lalu di kawasan hutan lindung di Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong Ateuh.

"Selama empat hari kerja, 5 ton giok sudah kita potong dan pindahkan dari hutan lindung tempat penemuan awal," kata Samsul Kamal, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, saat dihubungi.

Menurut Samsul, 5 ton batu giok yang sudah dipotong dan dipindahkan dari hutan lindung itu kini sedang dibawa ke gudang sementara di rumah H Kelimah, Ketua DPRK Kabupaten Nagan Raya, untuk diamankan.

"Sekarang batunya sedang dalam perjalanan menuju rumah Ketua DPRK di Desa Blang Ara, Kecamatan Suka Makmue, untuk disimpan sementara," katanya.

Samsul menambahkan, proses pemotongan dan pemindahan batu giok 20 ton yang ditaksir senilai Rp 30 miliar itu dikawal aparat gabungan dari Brimob dan TNI. Diperkirakan, prosesnya akan berlangsung hingga 15 hari.

"Di lokasi, masih ada pengawalan dari anggota Brimob 10 orang dan TNI 10 orang. Lima ton hasil yang sudah kita potong dan pindahkan ini kualitasnya ada jenis indocres, neon, dan solar, tapi belum dapat yang supernya karena belum sampai ke inti batu. Ini masih kulitnya," ungkap Samsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com