Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Solo Kritik Jokowi yang Hadir Saat "MoU Proton"

Kompas.com - 09/02/2015, 14:03 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengkritik kehadiran Presiden Joko Widodo dalam penandatanganan MoU Proton dengan salah satu perusahaan swasta Indonesia, PT Adiperkasa Citra Lestari.

Wali Kota Solo mengingatkan agar Jokowi fokus pada mobil Esemka, termasuk janji untuk mencarikan modal bagi Esemka. Hal ini diungkapkan Rudy saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (9/2/2015).

PT Esemka yang menjadi produsen mobil Esemka harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah untuk bisa terus berjalan. Hingga saat ini, kata Rudy, PT Esemka masih "jalan di tempat", dan Rudy beharap janji Presiden segera terwujud.

"Saya sarankan kepada Pak Jokowi sebagai Presiden untuk fokus pada mobil Esemka. Masalah kerja sama dengan Proton dan swasta, seharusnya Presiden tidak harus berada di situ," kata dia.

Rudy juga menambahkan, Jokowi pernah mengungkapkan janji untuk mencarikan modal, tetapi belum ada hingga saat ini. "Yang kedua, tentunya apa yang pernah dijanjikan kemarin, mau mencarikan modal, untuk pembuatan mobil Esemka, hingga saat ini belum," kata dia.

PT Esemka kini masih berproduksi, tetapi masih tergantung pada pesanan. "Produksinya masih. Namun, apabila ada pesanan, baru dibuatkan," kata dia.

Seperti diberitakan, mobil Esemka menjadi buah bibir di masyarakat saat Jokowi yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo mengampanyekan mobil Esemka sebagai mobil produk dalam negeri. Saat itu, Jokowi mewacanakan jajaran kepala dinas di Solo untuk menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com