Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Jadi Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia Versi World Mayor

Kompas.com - 03/02/2015, 17:06 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menduduki posisi ketiga dalam daftar Wali Kota Terbaik Dunia Tahun 2014 oleh World Mayor, sebuah lembaga kajian di bidang studi pembangunan kota yang berpusat di London, Inggris.

Nama Risma berada di bawah nama Wali Kota Calgary (Kanada), Naheed Nenshi, di urutan pertama dan Wali Kota Ghent (Belgia), Daniel Termont, di posisi kedua.

Dalam situs resminya, World Mayor juga menyebutkan Risma mengungguli sederet kepala daerah negara lain, seperti Wali Kota Sucre (Venezuela) Carloz Oscariz, Wali Kota Iloilo City (Filipina) Jed Patrick Mabilog, Wali Kota Jena (Jerman) Albrecht Schroter, dan Wali Kota Houston (AS) Annise Parker.

Dalam situs tersebut, Risma juga disebut sebagai figur enerjik yang antusias mempromosikan kebijakan sosial, ekonomi dan lingkungan secara nasional maupun internasional. Risma juga dinilai berhasil memanfaatkan lahan mati dan menyulapnya menjadi taman kota.

World Mayor juga mengapresiasi langkah Risma di sektor pembangunan kesehatan dan pendidikan. Saat memimpin Surabaya, Risma berhasil menyelenggarakan kesehatan gratis, serta peningkatan fungsi puskesmas, serta mengalokasikan 35 persen dari APBD Kota Surabaya untuk biaya pendidikan.

Kabag Kerjasama Pemkot Surabaya, Ifron Hady Susanto, menyambut baik prestasi yang diraih atasannya itu. Menurut dia, kabar baik ini akan semakin meningkatkan reputasi Kota Surabaya di mata dunia, khususnya menyambut era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

“Momen ini bisa juga memacu rasa percaya diri warga Surabaya bahwa kita sejatinya juga bisa bersaing dengan kota-kota lain di dunia,” kata Ifron, Selasa (3/2/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com