Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru PNS dan Kepsek Absen 4 Bulan, Orangtua Siswa Segel Sekolah

Kompas.com - 20/01/2015, 16:22 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Puluhan siswa dan orangtuanya menyegel SD Wirabuana, Kecamatan Bambanglamotu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, karena guru-guru PNS di sekolah tersebut kerap absen, Selasa (20/1/2015). Para orangtua menilai, ulah para guru tersebut merugikan para siswa.

Selain menyegel setiap ruang kelas, para orangtua siswa juga menanam pohon di sekolah tersebut. Sebagian pendemo juga membawa papan bertuliskan "PNS jarang berkantor".

Abdullah, salah satu orangtua siswa, mengatakan, aksi penyegelan itu dilakukan agar Dinas Pendidikan memperhatikan nasib siswa SD Wirabuana. Menurut dia, guru PNS di SD Wirabuana kerap absen mengajar selama berbulan-bulan. Sementara, siswa diajar oleh guru-guru honorer. Abdullah dan orangtua siswa lainnya mendesak agar PNS yang malas itu dicopot.

“Kita berharap agar aksi keprihatinan siswa dan para orangtua ini bisa mendapat respons positif dari Dinas Pendidikan dan pihak terkait agar anak-anak kami bisa belajar maksimal demi masa depan pendidikan mereka,” ujar Abdullah.

Haryanto, salah seorang guru honorer di sekolah tersebut mengaku sudah sekitar empat bulan guru-guru, terutama guru PNS dan kepala sekolah tidak masuk kantor. Hanya ada tujuh guru honorer yang bergantian mengajar siswa.

“Terakhir masuk sekitar empat bulan lalu. Yang mengajar di sekolah hanya guru-guru honorer," tutur Haryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com