Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Doa Mewarnai Perayaan Tahun Baru di Kota Bandung, Meski Tetap Ingar-bingar di Gasibu

Kompas.com - 01/01/2015, 08:07 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Di antara beragam perayaan tahun baru di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (31/12/2014), doa untuk sejumlah bencana dan musibah di Tanah Air menjadi warna tersendiri. Ada istigosah dan muhasabah, meskipun tetap pula ada ingar-bingar peluncuran kembang api di kota ini.

Istigosah antara lain diikuti seribuan umat Muslim di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Di sini ada doa bersama dan tablig akbar, untuk menyambut tahun baru 2015 dan refleksi akhir tahun 2014.

Acara tersebut dihadiri para santri dari pondok pesantren se-Jawa Barat serta anggota kepolisian dan TNI di Jawa Barat. Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Mochamad Iriawan, dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan doa bersama untuk berbagai bencana dan musibah yang terjadi di Indonesia.

"Bencana terjadi di pengujung 2014 ini, seperti di Jawa Barat terjadi bencana banjir, longsor, puting beliung. Mari kita sama-sama berdoa," kata Iriawan. Selain itu, doa juga ditujukan untuk kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata.

"Kita sama-sama mendoakan agar korban (penumpang dan kru pesawat Air Asia) dapat diterima di sisi Allah SWT, dan kepada keluarga yang ditinggalkan pun semoga diberi ketabahan," ujar Iriawan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun menyatakan hal senada. "Bencana terjadi di mana-mana, yang paling menghebohkan adalah jatuhnya pesawat Air Asia, mari kita doakan bersama-sama," ajak Heryawan.

Selain itu, Heryawan berharap agar pada 2015 ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. "Lebih baik dalam meningkatkan prestasi maupun lebih baik dalam beribadah kepada Allah SWT," harap dia.

Tak hanya menghadiri istigosah di Mapolda Jawa Barat, Heryawan juga datang ke muhasabah akhir tahun 2014 yang digelar Harian Republika di masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Bandung.
Hadir pula Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial serta tokoh MUI, Miftah Faridl dan Aam Amirudin di lokasi ini.

Acara di Pusdai juga dihadiri sekitar seribuan orang. Di dalamnya, doa untuk para korban dan keluarga yang menghadapi bencana dan kecelakaan dipanjatkan pula, termasuk untuk kecelakaan AirAsia QZ8501.

Pantauan Kompas.com, ribuan orang pun tumplek di Lapangan Gazibu Bandung, Jalan Diponegoro, Bandung. Sebelum pukul 00.00 WIB, suara peluncuran kembang api di seputaran Gasibu sudah menggelegar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com