Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Operasi Zebra, Pemohon SIM di Banyuwangi Meningkat

Kompas.com - 10/12/2014, 22:47 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Operasi Zebra yang di gelar Polres Banyuwangi secara serentak dari 26 November hingga 9 Desember 2014 mampu menyadarkan sebagian pengendara arti penting memiliki surat izin mengemudi atau SIM. Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Amar Hadi menyebutkan, pasca-operasi zebra, jumlah pemohon SIM ke Polres Banyuwangi meningkat sekitar 200 persen.

"Kalau biasanya satu hari dibuat rata-rata 150 pemohon, sejak ada operasi Zebra meningkat sekitar 200 sampai 250 pemohon," jelas Amar, Rabu (10/12/2014).

Selain itu, lanjut Amar, angka kecelakaan juga menurun drastis sekitar 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Jika biasanya, satu hari terjadi lima kali kecelakaan, selama dilangsungkannya operasi zebra menurun menjadi satu kali, bahkan tidak ada sama sekali.

"Tercatat selama beberapa hari tidak ada kecelakaan sama sekali. Ini menunjukkan masyarakat mulai patuh berlalu lintas," jelasnya.

Amar menjelaskan, selama Operasi Zebra 15 hari, pihaknya mencatat sekitar 1.500 pelanggaran, terbanyak pengendara yang tidak menggunakan helm, terutama di wilayah Banyuwangi selatan yaitu Kecamatan Muncar, Srono dan Cluring.

Setelah digelarnya Operasi Zebra, rencananya pihak kepolisian akan menggelar Operasi Lilin menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Jadi Operasi Simpatik akan tetap kami lakukan. Targetnya ya menekan angka kecelakaan kendaraan di jalan raya," pungkasnya.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com