Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Incar Empat Posisi Kepala Daerah di Jatim

Kompas.com - 22/11/2014, 18:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Partai Nasdem membidik posisi empat kepala daerah di Jatim pada Pilkada serentak 18 daerah Jatim tahun depan. Untuk merebut posisi tersebut, Partai Nasdem membuka diri untuk berkoalisi dengan partai manapun, asalkan memiliki visi dan misi pembangunan yang sama.

Menurut Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Effendi Choirie, empat daerah tersebut adalah Kabupaten Jember, Kabupaten Jember, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Blitar.

"Sebenarnya di 15 daerah, kami punya target, namun lebih fokus di empat daerah itu, karena perolehan kursi DPRD di sana lebih dari satu," katanya, Sabtu (22/11/2014).

Terkait rencana koalisi, pihaknya belum dapat memastikan, yang pasti format koalisi politik di daerah tidak harus sama dengan pusat, artinya tidak harus bersama partai-partai pendukung Jokowi-Jusuf Kalla, seperti Partai Hanura, PKB, dan PDI-P.

"Kami masih pelajari peta politik dan peluangnya, kita tunggu saja perkembangan konstalasi politiknya," tambah politisi yang akrab dipanggil Gus Choi ini.

Meski partai baru, Partai Nasdem kata Gus Choi tidak ingin hanya menjadi penonton dalam setiap momentum politik di daerah. Meskipun tidak memiliki figur yang akan diusung, paling tidak harus mendukung partai koalisi pendukung calon kepala daerah atau wakil kepala daerah.

Baru-baru ini, Nasdem Jatim menggelar bedah dapil diikuti DPD kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada tahun depan. Dalam forum itu, lanjut Gus Choi, setiap DPD membeberkan kondisi peta politik, pertumbuhan ekonomi, PAD, hingga sosial masyarakat di wilayahnya masing-masing. 

Selain itu, forum juga akan memutuskan apakah NasDem akan mengajukan calon kepala daerah, calon wakil kepala daerah atau hanya mendukung koalisi saja. Pilkada serentak 18 daerah di Jatim tahun depan akan digelar di Ngawi, Kota Blitar, Lamongan, Ponorogo, Kediri, Situbondo, Jember, Gresik, Kota Surabaya, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Sumenep, Kabupaten Malang, Sidoarjo, Kabupaten Blitar, dan Pacitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com