Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Susi, Warga Siapkan Pesta Rakyat di Pangandaran

Kompas.com - 30/10/2014, 13:52 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


PANGANDARAN, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan datang ke Pangandaran, Jumat (31/10/2014). Warga Pangandaran dan sekitarnya mengaku telah menyiapkan sebuah agenda penyambutan putri daerahnya itu.

Untuk mempersiapkannya, sebuah panitia dibentuk, Rabu (29/10/2014) dini hari. Panitia ini diketuai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Ciamis sekaligus Wakil Bupati Ciamis, Jeje Wiradinata.

“Ya, betul saya ditunjuk oleh warga sekitar dan para tokoh masyarakat untuk menjadi ketua panitia penyambutan Ibu Susi saat nanti datang ke sini. Rencananya diagendakan Bu Susi akan datang ke Pangandaran Jumat besok. Bu Susi mendarat di Pangandaran dijadwalkan akan tiba sekitar pukul 15.00 atau 16.00 WIB besok,” kata Jeje saat dihubungi, Kamis (30/10/2014) siang.

Jeje menuturkan, acara penyambutan akan diawali dengan sambutan meriah oleh warga di sebuah landasan di sekitar Pantai Pangandaran saat Susi mendarat dengan pesawat miliknya. Sementara itu, keesokan harinya, Sabtu (1/11/2014), akan digelar berbagai pergelaran budaya dan seni oleh masyarakat sekitar sampai siang hari.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan pertemuan antara nelayan dan ibu menteri tersebut untuk membahas berbagai persoalan terkait nelayan dan kelautan lainnya.

“Sabtu akan ada seperti pesta rakyat untuk acara penyambutan Bu Susi. Ini dilakukan sebagai rasa syukur dan kebanggaan kami selaku nelayan, warga, dan tokoh masyarakat atas terpilihnya Bu Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi-JK,” ujar wakil kepala daerah asal PDI-P tersebut.

Tak berhenti di sana, lanjut Jeje, akan digelar pesta rakyat yang menyuguhkan kreasi seni wayang golek sebagai suguhan bagi rakyat setempat pada malam hari.

“Setelah siang sampai sore pada Sabtunya beres, malam harinya akan digelar wayang golek untuk masyarakat di sini,” tambah Jeje.

Diberitakan sebelumnya, Susi Pudjiastuti yang baru dilantik menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla menjadi perbincangan hangat semua kalangan saat ini, mulai dari masalah pendidikannya yang hanya lulusan SMP, gayanya yang nyentrik dan ceplas-ceplos, tato di tubuhnya, kebiasaan merokok, sampai isu perusahaan bangkrut.

Namun, tak sedikit pula yang memujinya akibat kecerdasan dan kesuksesan dalam berbisnis, pekerja keras, dan mampu menunjukkan kemandiriannya. Kesuksesan Susi merupakan hasil kerja kerasnya selama belasan tahun belakangan ini.

Setiap tahunnya tercatat bahwa Susi Air mampu membeli pesawat baru yang harganya puluhan miliar sebanyak enam unit. Bahkan, sampai sekarang pesawat yang dimiliki Susi Air hampir mencapai 80 unit yang beroperasi hampir di seluruh kawasan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com