Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kusir Mujiono: Jokowi Suka Kuda yang Patuh (2)

Kompas.com - 17/10/2014, 20:08 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
- Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo (36) mengaku terkejut ketika dihubungi hari Rabu (15/10/2014). Pria yang akrab disapa Mas No ini dihubungi oleh salah satu pegawai Dinas Pariwisata Kota Solo untuk menyediakan kuda-kuda yang akan dipakai dalam acara kirab seusai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla sekaligus menjadi kusir keretanya, 20 Oktober mendatang (baca juga: Mujiono, Kusir Langganan Jokowi di Setiap Kirab (1).

Ya, ini bukan pertama kalinya Mujiono menjadi kusir kereta kuda yang membawa sosok Jokowi. Warga Gang Jambu VII, Jajar, Laweyan, Solo, tersebut mengaku bahwa Jokowi selalu menggunakan kuda-kuda piaraannya untuk menarik kereta di setiap acara festival di Solo. Srikandi dan Agustin adalah kuda yang kerap menjadi pilihan Jokowi.

"Dulu sejak menjadi walikota hingga terakhir kemarin pas jadi Gubernur Jakarta, dipanggil untuk kirab bersama pak Jokowi. Lalu sekarang dipanggil lagi buat kirab dengan pak presiden," kata Mujiono, Jumat (17/10/2014).

Mujiono sudah bertahun-tahun menjalankan usaha warisan keluarga beternak kuda. Saat ini, ada sekitar sepuluh ekor kuda yang diternaknya di Jajar.

Kandang kuda milik Mujiono adalah satu-satunya ternak kuda di Kota Solo yang masih beroperasi hingga saat ini.

"Ini usaha warisan kakek dan ayah saya. Dikelola bersama dengan kerabat yang ada di kampung," kata Mas No yang mengaku kembang kempis untuk menjalankan usahanya tersebut.

"Apabila musim karnaval atau acara kirab sepi, di bulan-bulan itu kita was-was. Perawatan kuda juga tidak murah mas, tapi keluarga bisa hidup berkecukupan dengan usaha ini," tuturnya.

Selama menjadi kusir saat kirab bersama Jokowi, Mujiono mengaku baru mengetahui bahwa Jokowi juga menyukai kuda.

"Kuda yang lulut atau jinak menjadi kesukaan beliau. Pak Jokowi senang menunggangi daripada naik di dalam kereta," kata Mujiono menceritakan pengalamannya.

Mujiono berhadap Agustin dan Srikandi memiliki performa yang baik saat kirab bersama Jokowi pada hari Senin mendatang.


HABIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com