Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarifuddin Saksikan Detik-detik Anak dan Istrinya Tenggelam di Laut

Kompas.com - 10/10/2014, 07:30 WIB
SITUBONDO, KOMPAS.com — Ini kisah memilukan pertarungan hidup atau mati para korban Perahu Motor Jabal Nur, yang selamat dari ganasnya gelombang laut perairan Pulau Raas, Madura.

Kisah itu seperti yang dialami Sarifuddin (50), penumpang selamat yang sendirian berjuang menyelamatkan anak dan istrinya selama terapung di laut lepas perairan Pulau Raas, Madura.

Saat puluhan penumpang panik dan kapal mulai dipenuhi air, ia berusaha mencari anak dan istrinya yang ikut rombongan pengantin itu. Setelah bertemu, Sarifuddin, anaknya Irul, serta istrinya Zaina, semalaman bergandengan dengan berpegangan pada papan bekas kapal dan sepotong bambu.

Sambil terus menangis, anak dan istrinya berharap agar secepatnya mendapatkan pertolongan. Harapan yang ditunggu-tunggu tidak membuahkan hasil, sampai akhirnya Irul mengeluh tangannya sudah tidak kuat mencengkeram potongan kayu yang panjangnya hanya dua meter itu.

Karena kondisi Irul terlalu banyak minum air laut, akhirnya tangannya terlepas dari kayu dan tubuhnya masuk ke dalam laut. "Sudah lepaskan dan relakan anak kita itu, Mas," kata Sarifuddin, menirukan ucapan istrinya.

Setelah beberapa jam, gantian Zaina yang mengaku juga sudah tidak tahan. Sebelum melepaskan diri dari tangan suaminya, Zaina meminta agar suaminya bila mencari istri harus yang seperti dirinya.

"Yang saya ingat pesan terakhirnya itu, kalau saya mau cari istri harus sama dengan Zaina," ucap Sarifuddin sambil berdoa agar anak dan istrinya ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com