Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membatik di Kain Sepanjang 3.000 Meter Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 02/10/2014, 14:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com —
Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (2/10/2014), sebanyak 3.000 orang membatik di atas kain sepanjang 3.000 meter. Kegiatan membatik dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Aktivitas yang digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta ini pun tercatat sebagai rekor dunia terbaru dari Muri.

"Ini untuk mengembangkan industri kecil batik di DIY sekaligus bertepatan dengan Hari Batik, 2 Oktober 2014," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Riadi Ida Bagus.

Tak hanya pembatik dari industri kecil di Yogyakarta, para peserta juga berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain untuk memperingati Hari Batik Nasional, aktivitas ini juga digelar sebagai upaya untuk menguatkan Pasar Yogyakarta sekaligus mempromosikan kepada masyarakat agar senang menggunakan batik.

"Peserta juga sangat antusias ini bentuk usaha untuk mempromosikan sekaligus menguatkan Pasar Yogyakarta," tandasnya.

Sementara itu, Manager Muri Sri Widayati mengatakan, aktivitas membatik di atas kain sepanjang 3.000 meter ini berhasil mencatatkan rekor terbaru di dunia dari Muri. Rekor sebelumnya yang tercatat adalah aktivitas membatik di atas kain sepanjang 2.000 meter yang digelar oleh Pemkab Bantul.

"Ini tercatat menjadi rekor dunia yang ke-6.667," ujarnya.

Atas rekor baru ini, pihak Muri juga memberikan piagam penghargaan kepada penyelenggara kegiatan ini. Dalam acara ini, turut hadir pula Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com