Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambulans Alphard di Surabaya Bertarif Rp 24.000 Per Kilometer

Kompas.com - 16/09/2014, 14:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — RSU dr Soetomo kini memiliki ambulans mewah jenis Toyota Alphard bagi pasien kelas premium menengah ke atas. Tarif dasarnya dipatok Rp 300.000 untuk sekali jalan, plus tambahan biaya Rp 24.000 per kilometer jalan yang dilalui.

Layaknya rumah sakit berjalan, ambulans mewah itu telah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti tabung oksigen, monitor, ventilator portable, dan soction portable.

"Fasilitasnya hampir sama dengan kelas ambulans lainnya. Bedanya, hanya lebih aman dan nyaman bagi pasien," kata Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Dodo Anondo MPH, Selasa (16/9/2014).

Ambulans VVIP yang dibeli dari dana fungsional rumah sakit itu semula disiapkan untuk tamu rombongan pejabat presiden jika berkunjung ke Jawa Timur.

"Tapi, juga kita siapkan untuk masyarakat sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya kelas premium," ujarnya.

Ambulans Alphard mewah itu adalah satu dari 18 koleksi ambulans yang dimiliki rumah sakit milik Pemprov Jatim. Namun, kata Dodo, dari 18 mobil yang dimiliki, hanya 10 yang dinilai layak beroperasi. Dari 10 unit itu, dua di antaranya untuk kelas VIP dengan model minibus jenis KIA Travello.

Rumah sakit terbesar dan terlengkap itu juga mengaku sudah mengajukan pengadaan ambulans udara jenis helikopter ke Kementerian Kesehatan, tetapi sampai saat ini belum direalisasikan.

"Ambulans udara sangat penting untuk mengevakuasi pasien yang membutuhkan pertolongan cepat dari tempat yang terpencil," pungkas Dodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com