Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Ada 9.000 Bakpia yang Akan Diarak dan Diperebutkan

Kompas.com - 11/09/2014, 20:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, gunungan selalu identik tersusun dari hasil bumi. Namun, akan muncul gunungan berbeda dalam acara Merti Bakpia atau Bakpia Day yang akan digelar pada hari Minggu (14/9/2014).

Dua gunungan yang terbuat dari 9.000 bakpia akan diarak dan diperebutkan oleh masyarakat. Total ada 100 pengrajin yang akan ikut meramaikan dalam acara ini.

"Ada dua gunungan yang terbuat dari 9.000 bakpia di acara Merti Bakpia atau Bakpia Day besok," ujar Penasehat acara Merti Bakpia, Andreas Sigit Cahyono, Kamis (11/9/2014).

Andreas mengungkapkan bahwa dua "gunungan" yang ada di acara itu terdiri dari gunungan lanang dan gunungan wadon. Bakpia yang tersusun di gunungan lanang jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan gunungan wadon, yakni 5.000 biji.

"Untuk gelaran Bakpia Day kali ini akan dibuat lebih sakral sehingga tidak terkesan hanya hura-hura. Jadi gunungan bakpia akan didoakan terlebih dulu," tegasnya.

Andreas menjelaskan bahwa nantinya gunungan bakpia akan diarak berkeliling jalan KS Tubun Kota Yogyakarta. Arak-arakan tersebut di dahului oleh bregodo prajurit.

"Pengunjung di Bakpia Day kami targetkan sampai 10.000 orang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com