Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Anggota KPU Kolaka Diancam karena Tak Pasang Bendera

Kompas.com - 17/08/2014, 15:35 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Mantan komisioner KPU Kolaka, Syahlan Launu, mengaku terima ancaman dari sejumlah pegawai Pemda Kolaka Utara karena tidak memasang bendera merah putih di rumahnya di Lasusua. Bahkan, ia juga akan dilaporkan ke kepolisian dan TNI

Dia mengaku, yang memberi ancaman itu salah satunya adalah Sekretaris Dinas Pendidikan dan kepala Bidang Kesbang Kolaka Utara.

“Saya bilang bendera itu tidak dipasang karena sudah tidak layak lagi, dan nanti hari berikutnya akan saya pasang. Saya tidak sempat dialog sama mereka karena langsung pergi dan bilang namanya akan dicatat serta segera dilapor ke Polsek Lasusua dan tentara,” ungkapnya, Minggu (17/8/2014).

Dia juga menyayangkan intimidasi kepada masyarakat karena tak memasang bendera. Bahkan, kata dia, yang mendapat ancaman itu bukan hanya dirinya, tetapi juga warga lainnya.

“Mereka mewajibkan memasang umbul-umbul dan bendera merah putih di bawah ancaman dan intimidasi. Sebenarnya hikmah 17 Agustus itu memupuk semangat nasionalisme, bukan hanya memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing,” katanya.

Menurut Syahlan, sikap dari oknum pegawai pemda Kolaka Utara itu sama saja mencederai nilai kemerdekaan itu sendiri.

“Kan tidak dengan cara ancaman. Kalau diancam sama saja kita tidak merdeka. Ini yang saya sesalkan, bukan masalah kenapa tidak dipasang, tetapi kenapa ada ancaman,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com