Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Puncak Arus Mudik di Tol Suramadu

Kompas.com - 27/07/2014, 20:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Malam ini, atau H-1 Hari Raya Idul Fitri 2014, Minggu (27/7/2014) dipastikan sebagai puncak arus mudik yang melalui jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu).

Sebanyak 50.000 kendaraan roda dua dan roda empat diperkirakan akan melintas jembatan tol sepanjang 5,6 kilometer itu.

Pantauan Kompas.com, sejak sore tadi, pengendara motor sudah mengantre hingga sepanjang lebih dari 500 meter. Antrean diantisipasi dengan menambah dua pintu loket masuk di jalur roda empat.

Menurut Kepala Gerbang Tol Suramadu, Suharyono, selain hari ini, puncak arus mudik via jembatan tol Suramadu sebenarnya juga terjadi Sabtu (26/7/2014) kemarin karena bertepatan dengan akhir pekan.

"Jumlah pemudik mencapai 14.500 kendaraan roda empat, dan 22.000 kendaraan roda dua," katanya.

Suharyono memperkirakan, pemudik ke Madura yang melewati tol Suramadu bisa mencapai 50 ribu kendaraan roda dua dan 30 ribu kendaraan roda empat.

"Jumlah itu meningkat sampai lima kali lipat dari hari biasa yang hanya ada 13.000 kendaraan roda empat, dan 30.000 roda dua yang menyeberang melalui tol Suramadu," Suharyono menambahkan.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini meningkat 12 persen untuk roda empat, dan hanya 2-3 persen untuk kendaraan roda dua.

Kendaraan roda empat tidak hanya didominasi oleh pelat Surabaya, tapi juga luar kota seperti Jakarta bahkan luar pulau antara lain Sumatera dan Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com