Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisih 7.940 Suara, Jokowi-JK Menang di Kendari

Kompas.com - 16/07/2014, 21:14 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Calon presiden Joko Widodo meraup 80.645 suara atau 52,58 persen lebih suara, mengungguli calon presiden Prabowo Subianto di Kendari. Prabowo mendapatkan 72.705 suara atau 47,42 persen suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara untuk dua pasangan capres yang digelar pada Rabu (16/7/2014). Dari 10 kecamatan yang ada di Kota Kendari, Jokowi unggul di tujuh kecamatan: Abeli, Baruga, Mandonga, Kendari, Kadia, Kendari Barat, dan Poasia. Sementara itu, pasangan capres nomor urut satu Prabowo-Hatta hanya menang di tiga kecamatan yakni Kecamatan Puwatu, Wuawua, dan Kambu.

Perolehan jumlah suara ini menunjukkan persaingan ketat antara kedua kandidat karena hanya selisih 7.940 suara. “Rapat pleno berjalan lancar, itu dibuktikan dengan tidak ada komplain dari saksi dua pasangan capres. Tadi sempat diskor sebentar untuk mencocokkan jumlah pemilih laki-laki dan perempuan, namun pleno dilanjutkan dan menetapkan pasangan Jokowi-JK lebih unggul,” kata Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu.

Menurut dia, rapat pleno perolehan suara akan dilanjutkan di tingkat provinsi yang akan digelar 18-19 Juli mendatang. KPU Kota Kendari mencatat partisipasi pemilih pada pilpres 9 Juli lalu mencapai 61,05 persen atau 135.999 yang menyalurkan hak pilihnya.

Angka partisipasi pemilih kali ini lebih rendah dibanding pada pemilihan legislatif 9 April lalu sampai 72,83 persen. “Daftar pemilih tetap Kendari 243.680 sedangkan Daftar pemilih khusus tambahan 252.225,” ujar Wahid Daming, Komisioner KPU Kendari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com