Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Tak Masuk Koalisi, PKNU Pamekasan Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-JK

Kompas.com - 05/07/2014, 01:14 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) Pamekasan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Jumat (4/7/2014), sekalipun partai ini tak masuk daftar partai koalisi pengusung pasangan tersebut.

Deklarasi dilakukan bersama para ulama yang membesarkan partai ini, di Pondok Pesantren Sabilul Ikhsan, Desa Teja Timur, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, selepas shalat tarawih.

Selain pemimpin Pondok Pesantren Sabilul Ikhsan, KH Abdul Hamid Manna, hadir pula pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kecamatan Pakong, KH Muzzamil, dan pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, KH Hamid Zubair.

Adapun politisi PKNU yang hadir dalam deklarasi ini adalah M Ris, Badrud Taman, Fathorrahman, dan Khirul Umam. Ketua deklarasi, Fathorrahman, mengakui dukungan dari partainya memang berbeda di setiap wilayah, tetapi PKNU Pamekasan bersepakat mendukung Jokowi-Kalla.

"Keputusan dukungan kepada Jokowi-JK bukan semata-mata dari kami di DPRD Pamekasan, tetapi seluruh pengurus PAC, pengurus ranting, dan yang paling penting dari jajaran ulama PKNU," ujar Fathorrahman.

Dukungan itu, imbuh Fathorrahman, akan diteruskan kepada semua kader dan konstituen PKNU di desa dan di kampung-kampung. Semua kader partai diinstruksikan untuk memenangkan pasangan nomor urut 2 itu. "Dekalrasi kali ini untuk meneguhkan sikap dan pilihan politik PKNU walaupun tidak masuk dalam peta koalisi, tapi kami punya pendukung dan ulama," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPC PKNU Pamekasan M Sahibuddin mengatakan, pilihan mendukung Jokowi-Kalla merupakan hasil ijtihad politik para ulama dan politisi PKNU. Menurut dia, ijtihad ini tak hanya berdasarkan kepentingan sesaat, tetapi demi kemaslahatan umat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com