Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Seks via Internet, Model Biasa Dipesan Kalangan Atas

Kompas.com - 25/06/2014, 19:06 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Kasus perdagangan manusia kembali terungkap di Surabaya. Dua germo belia ditangkap karena menjual gadis-gadis di bawah umur melalui jejaring sosial, BlackBerry, Facebook, dan Kaskus (baca: Model dan Mahasiswi Dijual lewat Internet Bertarif Rp 750.000-Rp 3 Juta).

Perdagangan perempuan ini lebih parah dibanding kasus dengan tersangka Keiko yang terbongkar beberapa waktu lalu.

Dalam pemeriksaan, dua germo tersebut mengaku sudah beroperasi selama empat bulan. Namun, polisi menduga bahwa mereka sudah lama menjalankan bisnis haram tersebut. Diperkirakan lebih dari setahun.

"Korban atau gadis-gadis yang dijual oleh dua tersangka ini lebih dari 10 orang. Ada yang pelajar SMU, mahasiswa, model, dan sebagainya," kata AKBP Heru Purnomo, Kasubdit Reknata Ditreskrimum Polda Jatim, Rabu (25/6/2014).

Sejauh ini, lanjut Heru, baru ada lima korban yang menjalani pemeriksaan polisi. Petugas masih berupaya mengungkap jaringan prostitusi terselubung ini.

Bisnis prostitusi ini tergolong kelas atas. Tarifnya pun beragam, paling murah Rp 750.000 sekali pakai. Ada yang sampai Rp 3 juta hanya untuk sekali pesan.

Yang tergolong mahal ini adalah model atau mahasiswi yang juga berprofesi sebagai model. "Korban ada yang masih berusia 15 tahun, ada 17 tahun, 20 tahun, dan sekitarnya. Rata-rata semua masih muda," imbuh Heru Purnomo.

Dalam aksinya, dua germo itu menggaet para wanita atau korban lewat jejaring sosial dengan akun CNF. Kemudian, menarik mereka ke forum jejaring sosial WP (wanita penghibur).

Dari jejaring sosial itu, lantas di-share lewat BlackBerry atau lewat grup BlackBerry dilengkapi dengan foto, PIN BB, dan nomor telepon. Pelanggan yang sudah berada di grup BB tinggal memilih karena foto-foto wanita yang bisa dipesan sudah dipajang di situ.

"Calon tamu harus meng-invite PIN BB germo dulu. Kemudian di-share anak-anak buahnya. Bagi yang sudah pernah mem-booking, tinggal pilih dan pesan saja. Setelah deal harga, uang ditransfer dan pelaku mengirimkan anak buahnya ke tempat yang telah ditentukan," papar AKP Hendry, penyidik Unit Asusila.

Tak hanya itu, tersangka juga menjalankan bisnis haramnya itu lewat situs "Diskusi wisata sensual Kota Surabaya". Di sana, foto beserta PIN BB dan nomor ponsel terpasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com