Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan di Aceh, Polisi Syariah Razia Warga Bercelana Pendek

Kompas.com - 11/06/2014, 14:20 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menjelang bulan Ramadhan, tim gabungan satuan polisi syariah dan satuan polisi pamong praja kembali menggelar razia bagi warga yang tidak menggunakan pakaian muslim dan muslimah di Kota Banda Aceh.

Dalam razia ini, puluhan perempuan yang tidak menggunakan pakaian islami ditangkap dan kemudian diberi pengarahan. Petugas menghentikan kendaraan yang melintas di jalanan dan kemudian meminta kepada pengguna jalan untuk berhenti dan menemui petugas.

Mereka yang dirazia umumnya mengenakan busana ketat dan tak sesuai dengan syariat islam.

Petugas Wilayatul Hisbah menjaring sekitar 75 perempuan yang berbusana tidak sesuai syariah. Kebanyakan dari mereka adalah remaja wanita dan sebagian lagi adalah laki-laki yang menggunakan celana pendek.

Mereka yang ditindak disebutkan melakukan pelanggaran qanun (peraturan daerah) nomor 11 tahun 2002. Para pelanggar didata petugas dan diberi pengarahan agar mengenakan pakaian sesuai syariat islam yang berlaku di Aceh.

Kepala seksi Penegakkan dan Penindakan Kantor Satpol PP dan WH Aceh Samsuddin, mengatakan razia ini digelar dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan.

“Razia digelar dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, dengan digelarnya razia, diharapkan tingkat pelanggaran syariat islam menjelang ramadhan menurun,” kata Samsuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com