Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes "Miss Waria 2014" di Bengkulu Diprotes Warga

Kompas.com - 28/05/2014, 18:42 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Kontes pemilihan "Miss Waria 2014" yang digelar dalam rangka HUT ke-134 Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, diprotes warga daerah tersebut melalui jejaring sosial. Kontes yang dilakukan pada Selasa (28/5/2014) di gedung olahraga setempat dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Penolakan warga semakin bertambah saat acara tersebut digelar bertepatan dengan peringatan Isra Miraj. Meski kegiatan tersebut tetap berlangsung hingga selesai, kritik dan protes warga melalui jejaring sosial Facebook dan Twitter semakin menjadi.

Pemilik akun Facebook Ivan Taufani, misalnya, meminta Bupati setempat untuk menghentikan acara tersebut. Beberapa netizen secara tegas mengeluarkan dalil-dalil agama yang menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertentangan dengan agama. Apalagi, puncak acaranya diadakan bertepatan dengan hari Isra Miraj.

Meski demikian, ada juga beberapa warga yang menanggapi dengan moderat.

"LGBT (lesbian, gay, biseksual, transeksual) adalah realitas dalam masyarakat, termasuk di kota Curup. Terima kehadiran mereka, dengan tetap mengontrol mereka dengan etika, norm,a dan agama yang ada dalam masyarakat itu. Biarkan mereka mengangkat harkat mereka dengan tanpa harus kita pula yang repot memfasilitasi mereka. Dan kotaku, Curup, kota yang religius, belumlah pantas menjadi sebuah ladang yang liberal untuk kehidupan LGBT," tulis salah satu warga.

Perayaan HUT Ke-134 Kota Curup tersebut dimeriahkan dengan beragam rangkaian acara mulai dari pasar rakyat, bazar, pertunjukan adat, termasuk kontes waria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com