Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar Rhoma Janjikan Jutaan Suara untuk Prabowo-Hatta

Kompas.com - 23/05/2014, 20:02 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Penggemar Rhoma Irama yang tergabung dalam Fans of Rhoma and Soneta (Forsa) Indonesia menjanjikan jutaan dukungan suara bagi Prabowo-Hatta setidaknya dari tujuh provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Lombok, Aceh dan Sumatera Selatan.

"Daerah-daerah tersebut merupakan daerah kantong penggemar Rhoma Irama. Setiap pertunjukan Rhoma Irama di sana selalu dihadiri lebih dari 10.000 massa," kata Ketua Umum Forsa Surya Aka di Surabaya, Jumat (23/5/2014).

Fenomena itu, kata mantan anggota KPID Jawa Timur, tersebut juga terjadi saat Rhoma menggelar kampanye untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pileg lalu.

"Di daerah itu, sering Rhoma diundang untuk kampanye calon kepala daerah, dan hasilnya 95 persen selalu menang," tambahnya.

Sampai saat ini, Forsa mengaku masih terus melakukan konsolidasi internal tentang bagaimana konsep paling efektif untuk mendukung kampanye pasangan capres-cawapres yang didukung koalisi Partai Gerindra, PPP, PAN, PKS, PBB dan Partai Golkar itu, termasuk memetakan kantong-kantong potensial penggemar Rhoma Irama di berbagai daerah.

Rhoma Irama pilih mengalihkan dukungannya kepada Prabowo-Hatta setelah merasa tidak dihargai oleh PKB sebagai salah satu partai pendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. "Raja dangdut" itu menganggap bahwa PKB mengingkari fakta "Rhoma Effect" dari hasil suara PKB pada pileg lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com