Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 dari 5 Rampok yang Ditembak Mati adalah Warga Bekasi

Kompas.com - 02/05/2014, 10:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat dari lima perampok yang ditembak mati oleh Unit Resmob Polda Polrestabes Surabaya, Jumat (2/5/2014) dinihari, diketahui adalah warga Bekasi, Jawa Barat.

Mereka adalah, Suyono (40), warga Bekasi, Danu Tala Simanungkalit (32) warga Bekasi Selatan, Jakarta Barat, Jonnry Marbun (30) warga Bekasi Timur, dan Romulus Naibggolan (34) warga Rawa Lumbu, Bekasi. Satu lainnya adalah Riski Hutahuruk (44) warga Lampung Selatan.

Kelima rampok ini adalah spesialis pencuri rumah mewah, yang ditembak karena mencoba mengeroyok polisi.

Sebelum penembakan, polisi sempat mengejar mobil Daihatsu Xenia perak dengan nomor polisi A 1145 FF hingga ke kawasan Perumahan Citraland, Surabaya Barat.

"Di sana, kaca mobil sempat kami tembak agar berhenti, tapi justru kelimanya turun dan menyerang polisi dengan senjata tajam," kata Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Farman, saat dikonfirmasi pagi ini.

Di mobil itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti, di antaranya dua buah linggis, sebuah "kubut" (bilah besi pencungkil-red), tali rafia, lakban hitam, lima stel sarung tangan, uang Yuan, uang Ringgit, sepasang cincin kawin yang bertuliskan dua nama yang diduga korban perampokan, serta uang tunai Rp 8,7 juta yang diduga hasil perampokan.

Polisi meyakini, mereka adalah bagian dari jaringan perampok yang beroperasi lintas daerah. Hanya saja identitas mereka baru diketahui ketika beraksi pada 26 April 2014 lalu, di sebuah rumah di Villa Bukit Regency 1 PC 10/16, Surabaya. Saat itu para pelaku membawa kabur perhiasan senilai Rp 2 miliar.

"Hasil pengembangan olah TKP, kami dapat informasi jika sebelum beraksi pelaku sempat belanja di supermall PTC. Di situ wajah dan mobil xenia silver nomor polisi A 1145 FF yang digunakan sebagai sarana aksi pelaku berhasil terekam terekam CCTV," ujar Farman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com