Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lereng Merapi Ronda Siang-Malam

Kompas.com - 30/04/2014, 14:08 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

KLATEN, KOMPAS.com - Warga di lereng Gunung Merapi meningkatkan kewaspadaan pascastatus Merapi menjadi 'waspada'. Salah satunya dengan menggalakan ronda bergilir baik siang maupun malam.

Ronda bergilir tersebut dilakukan untuk memaksimalkan pantauan terhadap situasi dan kondisi terkini Gunung Merapi.

Warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) menjadi prioritas program ronda keliling tersebut. Beberapa desa di KRB tersebut seperti Desa Sidorejo, Desa Tegalmulyo, Desa Tlogowatu dan Desa Balerante.

Kesemuanya berada di lima kilometer dari puncak gunung. “Kita memaksimalkan ronda bergilir siang dan malam, dan menggunakan peralatan komunikasi seperti Radio Lintas Merapi dan juga kentongan bahkan dengan berteriak teriak untuk memberitahi warga kalau Merapi mengancam,” kata Sukiman, salah satu relawan.

Sementara itu, kondisi warga di sekitar Gunung Merapi masih normal dan tidak ada kepanikan. Warga masih beraktivitas seperti biasa, dan bahkan masih ada yang mencari rumput untuk ternak mereka.

“Memang waktu subuh tadi warga sempat keluar rumah karena mendengar suasa gemuruh, namun setelah itu mereka pulang ke tempat masing masih,” kata Bambang Haryoko saat, Rabu (30/4/2014).

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Klaten, Sri Winoto, mengungkapkan warga masih beraktivitas seperti biasa. Namun demikian, petugas berhadap warga meningkatkan kewaspadaan.

“Kita terus melakukan patroli dan perkembangan Merapi. Warga diharapkan tidak panik namun tetap waspada,” kata Sri Winoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com