Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Surat Suara Contoh yang Dicoblos di Nama Caleg PPP di Kotak Suara

Kompas.com - 10/04/2014, 16:27 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS) 2 Desa Magelung, Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah, menemukan 4 contoh surat suara yang telah dicoblos bersama surat suara lain di dalam kotak suara DPRD Kabupaten Kendal, saat melakukan penghitungan suara, kemarin. Menurut salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Adib, empat contoh surat suara itu berlubang di nama Muhammad Thohir, calon legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan.

“Semuanya telah dicoblos atas nama Muhammad Thohir, caleg PPP untuk DPRD Kendal nomor urut 8,” kata Adib, Kamis (10/4/2014).

Adib menjelaskan, setelah ditemukan tulisan "contoh" pada surat suara tersebut, petugas KPPS menyingkirkannya. Setelah akhirnya dilakukan penghitungan suara, jumlah surat suara di dalam kotak, selain surat suara contoh itu, sama dengan jumlah pemilih di TPS tersebut.

“Entah ini disengaja atau iseng. Yang jelas, empat surat suara ‘palsu’ itu tidak mempengaruhi jumlah penghitungan suara,” ucapnya.

Adib menambahkan, daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 2 ada 439 orang. Namun yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya ada 389 orang.

“Kami juga menemukan kesalahan dalam menjumlah surat suara. Namun, setelah kami teliti ulang, dengan disaksikan oleh para saksi dari partai peserta pemilu, kesalahan itu bisa kami perbaiki sehingga tidak ada masalah,” tambahnya.

Menurut Adib, penghitungan surat suara di TPS 2 Magelung, Kaliwungu Selatan, Kendal, selesai sekitar pukul 01.00 Wib, Kamis. Setelah istirahat, petugas melakukan rekap hingga Kamis sore.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kaliwungu Selatan, Dodi Muhamamad, mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan adanya surat suara contoh yang telah dicoblos dan dimasukkan ke kotak suara DPRD Kabupaten Kendal. Selain itu, mereka juga menemukan adanya kesalahan dalam menjumlah kartu surat suara. Karena tidak ada protes atau keberatan dari para saksi, maka pihaknya tidak menuntut PPK untuk melakukan penghitungan ulang.

“Meskipun begitu, kami mencatat adanya temuan di TPS 2 Magelung Kaliwungu Selatan tersebut,” kata Dodi.

Dodi manambahkan, pihaknya akan bertindak apabila ada pihak lain yang keberatan dengan temuan yang ada di TPS 2 Magelung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com