Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbatasan RI-PNG Ditutup Jelang Pemilu

Kompas.com - 06/04/2014, 10:55 WIB


JAYAPURA, KOMPAS.com
-- Kepala Badan Perbatasan Pemprov Papua Susanna Wanggai mengatakan, perbatasan RI-Papua Niugini (PNG) akan ditutup menjelang pemilu legislatif (pileg) pada 9 April 2014.

"Kami akan menutup pagar di perbatasan hingga tanggal 12 April mendatang," ucap Susanna di Jayapura, Minggu (6/4/2014), seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, penutupan pagar di perbatasan itu sudah diberitahukan kepada Pemerintah PNG. Pemberitahuan itu dilakukan lantaran setiap harinya ada warga PNG yang berkunjung ke Jayapura. Tercatat, setiap harinya sebanyak 100 hingga 300 warga PNG masuk ke wilayah RI. Bila hari pasaran, jumlahnya meningkat.

"Setiap hari pasar, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu, jumlah warga PNG yang masuk ke wilayah RI mencapai sekitar 1.000 orang," katanya.

Menurut dia, warga PNG itu masuk ke wilayah RI lebih banyak untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Pasar perbatasan yang dibangun Pemerintah RI itu berlokasi sekitar 300 meter dari titik zero antara RI-PNG. Karena dekatnya pasar, warga PNG berjalan kaki dan menggunakan pas lintas batas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com