Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Pemilu Kecamatan Rp 530 Juta Dirampok

Kompas.com - 01/04/2014, 19:37 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Uang senilai Rp 530 juta milik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Windusari, Kabupaten Magelang, raib digondol perampok. Peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Magelang-Semarang, Desa Sambung, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (1/4/2014) sekitar pukul 12.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, uang tersebut dibawa oleh tiga orang petugas PPK Windusari, yakni Widayat (50) selaku Bendahara PPK; Manulang, pembantu Bendahara PPK; dan Darsin, sopir PPK. Dana tersebut sedianya akan dipakai untuk biaya penyelenggaraan pemilu legislatif di Kecamatan Windusari, 9 April 2014 mendatang.

Kapolsek Secang AKP Sukirman mengatakan, sebelum kejadian, korban mengambil uang tunai di BRI Cabang Muntilan. Namun, ban kiri belakang mobil dinas Avansa Hitam bernomor polisi AA 141 B yang dikemudikan Darsin bocor tepat di Desa Sambung atau sekitar 15 kilometer dari BRI Muntilan. Mereka lantas menambal ban di daerah itu.

"Darsin dan Dayat turun dari mobil untuk memeriksa ban, sedangkan Manulang tetap berada di dalam mobil beserta tas berisi uang tersebut," jelas Kapolsek Secang, AKP Sukirman.

Kemudian, ada dua pria mencurigakan yang mondar-mandir di sekitar lokasi mereka menambal ban. Tiba-tiba, salah seorang dari pria itu membuka pintu kanan belakang mobil dan merampas tas berisi uang itu dari tangan Manulang.

"Manulang dan pelaku sempat terlibat tarik-menarik tas. Namun, tas berhasil dirampas pelaku dan langsung kabur mengendarai sepeda motor," imbuh Sukirman.

Beruntung, pelaku tidak melukai korban. Menurut Sukirman, korban tidak melihat pelaku membawa senjata tajam. Kendati demikian, korban masih belum dapat dikonfirmasi. Pihak kepolisian masih akan melakukan penyelidikan dan pemeriksaan intensif terhadap korban di Mapolsek Secang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com