Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kronologi Meninggalnya 2 Mahasiswa Yogyakarta Relawan Kelud

Kompas.com - 08/03/2014, 05:52 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Dua mahasiswa yang menjadi relawan penanganan bencana letusan Gunung Kelud di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, meninggal akibat tersengat aliran listrik, Jumat (7/3/2014) pagi. Berikut ini adalah kronologi dari insiden tersebut.

"Keduanya membantu korban kelud di Desa Pandansari, bersama rombongan relawan lainnya sejak 28 Februari 2014," ujar Kasubag Humas Polresta Batu, AKP M Yantofan, Jumat. Mereka, kata dia, tersengat aliran listrik sekitar pukul 09.30 WIB.

Dua mahasiswa tersebut adalah Surya Herdianto (25) dan Rahmatullah Rais (25). Surya berasal dari Lampung dan kuliah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Adapun Rahmatullah berasal dari Serang, Banten, merupakan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Menurut Yantofan, pada saat kejadian Surya dan Rahmatullah menurunkan rangkaian antena radio. Rangkaian tersebut tersusun dari pipa sepanjang 10 meter dan antena itu sendiri sepanjang 3 meter.

"Karena tidak kuat, pipa dan antenanya roboh. Lalu menimpa kabel listrik tegangan tinggi milik PLN," kata Yantofan. Surya dan Rahmatullah pun tersengat aliran listrik. Rangkaian antena tersebut, ujar Yantofan, berada di Balai Dusun Sambirejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang.

Kepala Desa Pandansari, Sitin, mengatakan dua mahasiswa tersebut beserta teman-teman relawan lain sudah bersiap meninggalkan desa tersebut, Jumat pagi. "Tapi, sebelum pulang, mereka ikut membantu membetulkan antena. Tapi malah terkena setrum," kata dia saat dihubungi melalui telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com