Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pekan, 201 Penerbangan Tertunda akibat Kabut Asap

Kompas.com - 02/03/2014, 10:23 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Sebanyak 210 penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, rute domestik dan internasional pada kurun tiga pekan terakhir, tertunda akibat gangguan kabut asap kebakaran lahan dan hutan.
          
"Kalau dirata-ratakan, ada sebanyak sepuluh penerbangan yang terganggu setiap harinya selama tiga pekan Pekanbaru dilanda kabut asap," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Baiquni, Sabtu (1/3/2014) malam.
          
Jika diakumulasikan, demikian Baiquni, sedikitnya ada 210 penerbangan yang mengalami penundaan keberangkatan dan kedatangan akibat kabut asap selama tiga pekan ini.
          
Jumlah itu, menurut dia, belum termasuk jumlah pesawat yang batal terbang dan dialihkan ke bandara lain.
           
"Bahkan hari ini (Sabtu) saja, ada sebanyak 14 jadwal penerbangan yang terganggu kabut asap," katanya.
           
Baiquni mengatakan, jarak pandang pada Sabtu pagi masih kurang dari 800 meter, di bawah ambang batas keselamatan penerbangan.
          
Walau demikian, kata dia, tadi juga cukup banyak pesawat dari beberapa maskapai yang nekat terbang dan mendarat di tengah kabut asap pekat.
          
"Tadi pukul 6 pagi Garuda dan Air Asia berhasil terbang dengan tujuan Jakarta dan Bandung. Jam 11 giliran Air Asia dari Kuala Lumpur juga bisa mendarat," katanya.
          
Menurut dia, hal itu sangat dimungkinkan, tergantung dari jam terbang dan kemahiran pilot serta produk pesawat milik maskapai itu.
           
"Kebanyakan pesawat berbadan besar bisa terbang dan mendarat di tengah kondisi visibilitas di bawah 1.000 meter. Namun pilot pesawat Boeing jarang melakukannya," kata dia.
          
Yang jelas, kata Baiquni, mulai pagi hingga siang sekitar pukul 14.00 WIB, ada sebanyak 14 jadwal penerbangan yang mengalami penundaan.
          
Baiquni mengatakan, seperti Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 276 rute Medan-Pekanbaru, GA 170 dari Jakarta, GA 172 juga dari Jakarta, Air Asia Qz 7581 Bandung-Pekanbaru, dan Silk Air nomor MI 252 Singapore-Pekanbaru.
         
"Semuanya mengalami penundaan atau delayed karena kabut asap menyelimuti SSK II dari Sabtu pagi hingga siang tadi," katanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com